你好,歡迎到我的博客….希望你喜歡! ^^

BERANIKAH KITA BERKATA : MERDEKA ???

by : zefania maleeva

Para pemuda Indonesia yang dipelopori oleh Muh. Yamen, Kuntjoro Purbopranoto,
Wongsonegoro dan lain lainnya mengumandangkan Sumpah Pemuda Indonesia yang berisi pengakuan akan adanya bangsa , tanah-air dan bahasa yang satu , yakni Indonesia. Dengan sumpah pemuda in makin tegaslah apa yang diinginkan oleh bangsa Indonesia iaitu kemerdekaan tanah-air dan bangsa Indonesia. Cita – cita Indonesia sebagai suatu bangsa dalam arti masa kini lahir dengan dicetuskannya Sumpah Pemuda ini di tahun 1928 yang mengumandangkan cita – cita bangsa indonesia sejak lama. Cita – cita tentang satu bangsa Indonesia dalam arti yang menyeluruh diatas telah mulai disemaikan benih – benihnya di tahun 1908 sehingga berkembang menjadi suatu kekuatan besar melawan penjajahan Belanda waktu ituc. Cita – cita kemerdekaan Indonesia inilah yang telah memungkinkan beratus – ratus bahkan beribu – ribu orang berjuang tanpa pamrih berusaha mewujudkan kemerdekaan bangsa yang hidup di nusantara ini walaupun rintangan yang dihadapi mereka tidak sedikit. Banyak perintis kemerdekaan yang dipenjarakan atau dibuang ke pengasingan jauh dari tempat tinggal asalnya. Banyak kaum terpelajar memilih bekerja sendiri daripada bekerja sama dengan pemerintahan penjajahan. Suatu kenyataan yang tak dapat dibantah adalah bahwa cita – cita kebangsaan Indonesia dan Indonesia merdeka ini telah dapat mengatasi segala perbedaan suku, daerah, agama, tingkat sosial dan kelas.
Memang secara logis bangsa kita telah merdeka, tapi apakah diri kita sebagai generasi muda merasa komponen dalam bangsa ini merdeka ? Pada kenyataannya tidak, makna merdeka adalah kebebasan, kita sering mendengar kata merdeka dalam upacara 17-an, pelajaran sejarah, serta pidato kenegaraan, tapi kita tidak mengerti maksudnya bukan ?. Hubungkan hal dengan isi dari sumpah pemuda itu sendiri, Pertama, putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, artinya kita mengaku adanya persatuan, realitanya persatuan itu jauh dari kita buktinya teroris yang ada di negara ini adalah warga negara Indonesia sendiri lalu siswa siswa yang terlibat tawuran. Bukankah ini mengindikasikan tidak adanya persatuan. Kedua putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, tapi yang terjadi adalah konflik antar suku yang menggambarkan tidak adanya persatuan. Ketiga, putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Yang terjadi banyak dari kita mengganggap remeh bahasa indonesia. Ini berarti bangsa ini belum merdeka bukan ? Bangsa ini masih dijajah oleh keegoisan komponennya.
Saat ini, kita generasi muda yang menikmati hasil perjuangan para pahlawan kita, harusnya dapat meneruskan perjuangan mereka memperoleh kemerdekaan, menjunjung tinggi sumpah pemuda sebagai landasan bernegara adalah salah satu langkah kecil untuk menuju masa depan. Kemerdeaan itu bukan hanya berarti bebas dari penjajahan, kemerdekaan itu jua bebas dari kemalasan, seteru, perkelahian serta KKN. Kemerdekaan yang sejati berasal dari persatuan. Dengan adanya persatuan kita dapat dengan berani berkata: MERDEKA !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s